Gosip Artis Indonesia » Berita Terkini » Artis Terseksi » Hot Model » Foto Seksi » Trending » Gosip Terbaru » Artis Korea Terbaru

aGosip Artis Indonesia

Bahan Bakar Berjenis RON 88, RON 90, dan RON 92

Berita Terkini dan Terbaru

Berita Terkini - Semenjak Pertamina meluncurkan pertalite , bahan bakar yang memiliki RON 90, publik merespons positif. Hal ini terlihat pemasaran pertalite yang semakin menyebar ke sejumlah daerah di Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Pada tahap awal peluncurannya, pertalite hanya bisa dirasakan publik yang berdomisili di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Bahan bakar RON 90 ini diposisikan di antara premium, pertamax, dan pertamax plus dari segi kadar oktan dan harga.

Respons positif publik yang sudah merasakan manfaat pertalite, membuat Pertamina menargetkan ada 1.900 SPBU se-Indonesia yang menjual bahan bakar jenis pertalite sampai akhir tahun 2015. Menurut Vice President for Corporate Communication PT. Pertamina (Persero), Wianda Pusponegoro seperti yang dikutip dari laman kompas.com, hingga kini sudah ada 1.600 SPBU se-Indonesia yang menjual pertalite.

“Konsumsi pertalite terus mengalami peningkatan. Masyarakat bisa memilih bahan bakar mana yang cocok dengan kendaraan pribadinya”, jelas Wianda.

Dan respons positif publik terhadap kehadiran bahan bakar Ron 90 yang dipasarkan dengan harga Rp 8.400/liter ini ditandai dengan jumlah penjualannya yang sudah menembus 2 juta kiloliter. Dari kadar oktan dan harga, pertalite diposisikan di antara premium, pertamax, dan pertamax plus.Wianda memperkirakan masing-masing SPBU mampu menjual 2.500-3.000 liter atau setara dengan 11 persen untuk menjadi konsumsi BBM nasional. Permintaan pasar yang kian melambung inilah akhirnya memicu Pertamina untuk menambah lokasi pemasaran pertalite di sejumlah SPBU.

Kehadiran pertalite memang membuat animo masyarakat beralih bahan bakar. Bahkan Wianda menuturkan, jika dilihat dari sisi nasional seluruh SPBU, semenjak ada pertalite penjualan premium menurun dari 78 persen menjadi 68 persen. Hal ini tentu berdampak baik juga untuk perekonomian negara. Memang Pertamina bertujuan meluncurkan pertalite guna menekan konsumsi premium. Margin pertalite lebih tinggi dibanding premium lantaran ini adalah bahan bakar non subsidi, harganya mengikuti fluktuasi rupiah.

“Pertalite merupakan BBM non-subsidi yang diproduksi oleh Pertamina sebagai alternatif pilihan kepada konsumen khususnya konsumen BBM Jenis Premium dengan level Research Octane Number (RON) 90 dan di atas kualitas BBM jenis premium, yang lebih berkualitas, hemat BBM, ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau,” jelas Faris Aziz, General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan.

Apabila publik menginginkan kualitas bahan bakar yang lebih baik dari RON 88 (Premium)namun harga jualnya lebih terjangkau ketimbang RON 92 (pertamax), maka pertalite adalah jawabannya. Ada beragam kelebihan bahan bakar RON 90 ini dibanding RON 88. Untuk lebih jelasnya mengenai perbandingan ketiga bahan bakar yang beredar di Indonesia, simak penjelasan berikut.

RON 88 (premium)
- Penggunaan premium dalam mesin kompresi tinggi akan menyebabkan knocking. Knocking menyebabkan tenaga mesin berkurang sehingga terjadi pemborosan atau inefisiensi
- Knocking berkepanjangan mengakibatkan kerusakan pada piston sehingga komponen tersebut lebih cepat diganti
- Premium tidak memiliki zat aditif, sehingga kondisi mesin kurang berfungsi prima dan terjaga
- Menggunakan tambahan pewarna
- Menghasilkan Nox dan Cox dalam jumlah besar
- Harga jual Rp 7.400/liter

RON 90 (pertalite)
- Membuat mesin kendaraan awet dan terawat
- Nilai oktan yang lebih tinggi, membuat tingkat pembakarannya lebih baik RON 88
- Pertalite memiliki zat aditif yang bersifat detergency atau pembersih. Adanya zat aditif ini memberikan efek kebersihan mesin yang lebih terjaga
- Terdapat kandungan anti oksidan dan anti korosi serta pemisah air. Kandungan tersebut berfungsi menghambat proses korosi dan pembentukan deposit dalam mesin
- Ramah lingkungan karena kadar gas emisi yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit
- Harga jual Rp 8.400/liter (lebih ekonomis karena bisa menghemat antara 10% hingga 16% dibandingkan premium)

RON 92 (pertamax)
- Mampu menerima tekanan pada mesin kompresi tinggi sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan pertamax lebih maksimal
- Bahan bakar bebas timbal
- Pertamax memiliki zat aditif seperti halnya pertalite
- Ditujukan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal
- Menghasilkan Nox dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding premium
- Harga jual Rp 8.850/liter

Berdasar spesifikasi di atas, beralih dari premium ke pertalite banyak memberikan manfaat. Selain meningkatkan performa mesin, mengonsumsi pertalite ternyata lebih ekonomis.
Previous
Next Post »